Selasa, 22 Mei 2012

METABOLISME TRANS FATTY ACIDS



                                                               
Metabolisme normal asam lemak tak jenuh majemuk alami yang memiliki konfigurasi cis seperti asam arakhidonat (AA) akan menghasilkan mediator-mediator yang mempunyai fungsi fisiologis penting, seperti:
·                     Prostaglandin
·                     Tromboksan
·                     Prostasiklin
·                     Leukotrien
·                     Lipoksin
yang terbentuk melalui metabolisme pada jalur siklooksigenase dan lipoksegenase. Sedangkantrans fatty acids (TFA) tidak dapat menghasilkan mediator-mediator tersebut. Hal ini disebabkan TFA memiliki bentuk yang tidak alami, sehingga tidak dikenali oleh enzim Siklooksigenase dan lipoksigenase. TFA mampu melintasi membran sel yang tebal dan mempertebal membran tersebut, sehingga mengakibatkan abnormalitas fungsi sel tersebut.

Siklooksigenase merupakan enzim yang mengkatalisis pembentukan prostaglandin dan tromboksan. Sedangkan lipoksigenase mengkatalisis pembentukan leukotrien dan lipoksin.

TFA lebih dimetabolisme sebagai asam lemak jenuh daripada sebagai asam lemak tak jenuh cis. Hal ini disebabkan TFA mempunyai struktur rantai lurus seperti asam lemak jenuh. Sedangkan asam lemak tak jenuh cis memilii konfigurasi molekul tertekuk 120 derajat pada ikatan rangkapnya. Semakin banyak ikatan rangkap dengan konfigurasi cis pada suatu senyawa, maka semakin banyak pula konfigurasi spasial molekul yang dapat dibentuk. Konfigurasi spasial berperan penting dalam penataan molekul didalam membran dan pada pembentukkan senyawa yang lebih kompleks (metabolisme). Pembentukkan konfigurasi trans menyebabkan perubahan hubungan spasial tersebut, sehingga menimbulkan perbedaan pada jalur metabolismenya.
                                                                                    Oleic-acid-skeletal.svg
Oleic-acid-3D-vdW.png
Struktur asam lemak dengan konfigurasi cis
(asam oleat)

                                                                                    Elaidic-acid-2D-skeletal.png
Elaidic-acid-3D-vdW.png

Struktur asam lemak dengan konfigurasi trans
(asam elaidat)
                                                                                   
Octadecanoic acid (stearic).pngStearic acid.svg
Struktur asam lemak jenuh
(asam stearat)

TFA sebagai asam lemak tak jenuh yang memiliki konfigurasi lurus dan rigid (kaku) menyebabkan senyawa ini sulit untuk metabolisme, sehingga senyawa tersebut akan terakumulasi dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan banyak masalah kesehatan.