Senin, 01 Juli 2013

NICOTINE REPLACEMENT THERAPY


Produk Terapi Penggantian Nikotin (Nicotine Replacement Therapy = NRT) pertama kali dipasarkan pada sekitar 30 tahun yang lalu. Saat pertama kali produk ini dipasarkan untuk membantu seseorang berhenti merokok tidak terdapat cukup data tentang keamanan produk tersebut. Data keamanan penggunaan produk NRT yang dikombinasi dengan NRT lainnya atau penggunaan NRT dengan tetap merokok.

Kini Food and Drugs Administration meninjau secara ilmiah produk NRT yang dijual secara bebas. Dan FDA telah memutuskan beberapa peringatan dan keterbatasan dalam penggunaan produk tersebut. 

FDA menyetujui penggunaan NRT pada seorang perokok dewasa (berusia lebih dari 18 tahun) yang ingin berhenti merokok. Pemberian NRT akan membantu menghindari adanya efek kehilangan nikotin secara mendadak pada seorang perokok yang telah ketergantungan nikotin. 

Bentuk-bentuk NRT


Penggunaan produk tembakau telah terbukti bertanggung jawab pada terjadinya sekitar 440.000 kematian setiap tahunnya. Merokok menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, komplikasi kehamilan, penyakit paru-paru, dan banyak jenis penyakit lainnya.

Ada 3 jenis produk NRT yang disetujui penggunaannya yaitu:
  • Permen karet nikotin
  • Nikotin transdermal
  • Nikotin pastiless